[West-Movie Review] Flightplan (2005)


Apa yang bisa kami bilang dari film misteri thriller keluaran tahun 2005 ini?

Seru!

Meskipun judulnya terlalu kedengaran biasa, sinopsis yang juga kedengaran sederhana, film satu ini ternyata bisa membius kami selama menontonnya. Aksi-aksi dan ketegangan yang ditampilkan film ini memang tidak supercanggih dan elusif, namun sudah pas mendukung konflik utama ceritanya. Dan di sanalah justru letak menariknya film besutan Robert Schwentke satu ini. Segalanya pas dan tidak berlebihan.

Akting Jodie Foster yang memerankan seorang ibu yang kuat pendirian, cerdas dan pemberani sebetulnya sedikit mengingatkan kami pada peran-peran yang sebelumnya pernah dia ambil. Begitupun akting Peter Sarsgaard yang penuh muslihat dan cerdik. Karena sebelumnya kami pernah menyaksikan kedua bintang ini memainkan peran yang serupa sehingga rasanya tak ada peningkatan yang berarti. Bagaimanapun, mereka tetap memerankannya dengan standar mereka, yang dapat dibilang jempolan.

Karakterisasi tokoh-tokoh di film ini kuat, kalau menurut kami. Dimulai dari sang ibu yang persistent, sedikit paranoid, pandai dan berani mengambil segala risiko demi menyelamatkan putrinya, sang putri yang muram dan kesepian, sang antagonis yang sangat meyakinkan, licik dan licin, sang pilot yang sangat prosedural, bahkan para penumpang yang namanya tak diketahui pun memberikan kontribusi kuat ke cerita dengan perwatakan-perwatakan berkesan mereka.

Musik pengiringnya dihantarkan mewakili tiap adegan menegangkan film ini. Adrenalin kami lumayan terpicu hanya karena terbawa musik yang dimainkan, yang mengiringi suasana penuh rasa penasaran dan ketegangan film ini. Sound effect-nya juga bisa dibilang tepat, dengan kualitas yang cukup.

Untuk plot dan konflik film, seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, sederhana. Hanya soal seorang ibu yang kehilangan putrinya di tengah perjalanan sebuah pesawat. Namun segala intrik dan rahasia yang terdapat di dalam peristiwa itu, yang sebenarnya juga simpel, disampaikan dengan sangat baik. Pikiran menebak-nebak bagaimana nasib Jodie Foster selanjutnya, nasib putrinya, siapa sebenarnya yang menyembunyikan sang putri, untuk tujuan apa, dan dimanakah disembunyikannya, menjadikan kami tak bisa melepaskan pandangan sedetikpun dari film ini.

Kekurangan paling utamanya barangkali hanyalah tone yang kurang cerah dan kualitas gambar yang sedikit blur. Entah karena ini film lama, atau kualitas gambar film yang kami miliki memang rendah, namun setelah melihat beberapa snapshot-nya, kami yakin nampaknya memang kualitas gambarnya kurang baik.

Di sisi lain, kelebihan paling menonjol dari film ini adalah eksekusi ending-nya. Semua pertanyaan dijawab dengan jelas dan memberikan kepuasan bagi yang menontonnya dengan tegang seperti kami.

Bagi penggemar misteri thriller, ini mungkin bisa dijadikan pilihan untuk ditonton. Oh, dan untuk parental guide film ini aman, kok. Sangat aman. Anak-anak bisa menonton ini, dengan bimbingan orang tua pastinya.

Rating: 8/10

Favourite Quote: 
Carson: What are you going to do? Blow us both up?
Kyle: No. Just you.

Share on Google Plus

Review by Mysti Adelliza

0 komentar:

Posting Komentar

Halo, Sobat MovGeeks! Kalau kamu udah pernah atau pun belum menonton film ini, silakan sampaikan pendapatnya di kolom komentar, ya. Pergunakan bahasa yang sopan, tidak SARA atau mengandung pornografi. Dimohon juga untuk tidak meninggalkan link aktif, karena berpotensi SPAM.

Terima kasih ^__^)//

MovGeeks Team