Review Film BANGKOK TRAFFIC (LOVE) STORY (2009)

"Bangkok Traffic Love Story (2009)" movie review by Glen Tripollo
It's been a while since last time I watch Thai movie. Pas lagi kelaparan di siang hari bolong, ngambil semangkok soto ayam, terus nyalain TV kabel, eh nemu film Thailand yang kebetulan juga baru mulai opening credit-nya. Sambil ngelahap makanan di piring dengan amat sangat bernafsu, gue tonton deh. Judulnya, "Bangkok Traffic Love Story (2009)" dan ini review-nya (tentunya gue tulis setelah perut kenyang).

"Bangkok Traffic Love Story" menceritakan tentang seorang cewek jomblo yang udah cukup berumur bernama Mei Li dan tengah desperate gegara tinggal dia yang belum nikah di antara teman-temannya. Mei Li juga punya sifat agak ceroboh dan hobi banget ngerusak barang orang secara gak sengaja. Tapi, hidupnya pun berubah ketika suatu kecelakaan (insiden terpentalnya kaca spion mobil Mei Li dan menimpa mangkok makanan di kedai pinggir jalan, ketika dia nyetir sambil mabuk (inget, dia lagi desperate)) membuatnya bertemu dengan seorang cowok insinyur yang bekerja shift malam di perusahaan BTS (Bangkok Traffic System) Skytrain, bernama Loong. Tak lama sejak pertemuannya itu, Mei Li meminta saran dari anak remaja tetangganya bernama Plern. Konflik pun terjadi ketika Mei Li yang naksir berat sama Loong menemukan negative film di tas Loong dan diam-diam membawanya ke tempat cuci foto dengan tujuan untuk menyimpan foto-foto Loong. Tak terduga di sana tercetak pula foto Loong yang tengah berpose bareng mantan kekasihnya yang juga seorang artis terkenal. Gosip pun akhirnya menyebar di surat kabar, ketika orang dari studio cuci foto secara iseng menyebarkan foto tersebut. Diliputi rasa bersalah, Mei Li berusaha menghindari Loong. Tapi ... well, tentu aja gue ngga bakal nge-reveal seluruh isi cerita film ini. Jadi, silahkan cek sendiri ya!


As I expected from Thailand, yang notabene (bagi gue) jagonya bikin komedi romantis, film ini pun nggak kalah menariknya dibandingkan film-film bergenre sama yang udah gue tonton. Komedinya kental tapi nggak lebay. Mungkin satu-satunya kekurangan dalam film ini adalah cast-nya yang kurang dapat menarik hati. Pemeran Mei Li, Cris Horwang, juga keliatan lebih jelek dari aslinya di sini, walau dalam beberapa scene (waktu di bandara) gue bisa ngeliat cantiknya Cris saat berdandan casual. Oh, ya, khusus adegan awal di DVD rental, ada Plern yang diperankan Ungsumalynn Sirapatsakmetha. Khusus yang satu ini, berhubung umurnya juga masih muda banget, senyumnya juga bikin melting. Tuh orangnya ada di poster. Sayangnya dia cuma kebagian sedikit peran. (kemudian gue kecewa dan melampiaskan kekecewaan dengan mengambil makanan tambahan).

Lewat film ini, penonton juga disuguhkan pengetahuan baru seputar Bangkok, khususnya sistem lalu lintas skytrain yang mereka banggakan. Selain itu juga, ada adegan di dalam Planetarium yang berhasil bikin gue penasaran setengah mati pengen main ke sana. Ditambah rumah Loong yang pintu belakangnya langsung disambut danau tempat kapal ferry berlalu-lalang satu kilometer di depannya. Pemandangan yang indah, terlebih sebagian besar adegan diambil waktu malam hari, ngasih kesan dan pengalaman tersendiri.

Secara garis besar cerita, sebenernya cukup mainstream kok, hanya saja sutradara mampu membawakan kisah ini dengan lebih fresh, sehingga gue bisa nonton ini dari awal sampe akhir tanpa ngeluh. Seperti biasa, porsi komedi dan seriusnya terpadu dengan pas, walaupun adegan yang seharusnya sedih agak kurang tersampaikan dengan baik feel-nya. But, hei, ada adegan sedih bukan berarti tragedi kok. Gue kasih tau aja, film ini happy ending dengan konklusi menggantung mirip "Teacher's Diary (2014)"

Ada beberapa kritik diterima sama Cris dalam memerankan tokoh Mei Li di sini, mungkin setelah kalin liat sendiri, nanti bisa tau kenapa dia dikritik. But, that's not a big deal kok. Toh, film yang dirilis tahun 2009 ini juga ternyata berhasil menyabet cukup banyak penghargaan di ajang movie award di Thailand.

NB: Gue suka banget sama posternya yang terbilang sederhana, unik, dan mengena. :P

Score: 8,1/10

Share on Google Plus

Review by Glen Tripollo

0 komentar:

Posting Komentar

Halo, Sobat MovGeeks! Kalau kamu udah pernah atau pun belum menonton film ini, silakan sampaikan pendapatnya di kolom komentar, ya. Pergunakan bahasa yang sopan, tidak SARA atau mengandung pornografi. Dimohon juga untuk tidak meninggalkan link aktif, karena berpotensi SPAM.

Terima kasih ^__^)//

MovGeeks Team